Nikmatnya Katupek Gulai Paku Puncak Kiambang

Written By Unknown on Jumat, 26 Oktober 2012 | 10.17

Katupek Gulai Tunjang. TEMPO/Febrianti

TEMPO.CO , Padang:Kalau Anda menempuh perjalanan dari Padang ke Bukittinggi, jangan lupa singgah di puncak Kiambang di Jalan Raya Padang -Bukittinggi kilometer 43. Di Puncak Kiambang setelah Pasar Sicincin ini ada warung kecil sebelah kiri jalan yang menjual katupek gulai paku. Katupek gulai pakunya lezat sekali. Paku dalam bahasa Minang adalah daun pakis yang muda. Nama warungnya Katupek Puncak Kiambang Asli Ajo Uniang.

Walau warungnya kecil, pengunjung yang datang tak hentinya sehingga tidak ada jeda istirahat bagi pasangan Amrizal Datuk Langso dan Farida yang mengelola tempat ini sejak 12 tahun lalu. Seperti pengelola warung ini yang berasal dari Pariaman, katupek gulai paku ini juga masakan asli Pariaman.

Menu yang dijual di warung ini selain katupek gulai paku, ada Soto Padang dan es kelapa muda. Saya memesan sepiring katupek gulai paku dan es kelapa muda. Walau ramai, layanannya cepat. Dalam waktu tak lama, sepiring katupek gulai paku dan segelas es kelapa muda sudah terhidang di meja.

Ketupat dengan siraman gulai paku dengan kuah hijau kekuningan itu tampak menggugah selera. Di lengkapi dengan sebutir telur rebus dan di atas siraman gulai paku ada taburan kerupuk singkong. Pengunjung yang lain terlihat menambahkan sebungkus paru goreng yang terhidang di meja. Agak janggal, karena biasanya paru goreng ini untuk pelengkap makan soto Padang.

Tetapi saya mencobanya juga. Ternyata, ini yang membuat rasa katupek gulai pakunya menjadi lebih gurih.

Ketupatnya masih hangat dan tidak terlalu keras juga tidak terlalu lembek. Gulai pakunya juga enak,. Semuanya dari daun pakis yang muda dan digulai dengan santan yang kekentalannya juga pas. Aroma asam kandis tercim samar. Syarat membuat gulai paku ini memang harus pakai asam kandis. Ini jenis asam dari kulit jeruk yang dikeringkan hingga warnanya cokelat tua.

Walaupun pakai cabe rawit, pedasnya juga tidak menggigit karena dipadu dengan kuah santan yang kental. Sepiring katupek gulai paku yang ditambah paru goreng ini memang istimewa. Paru goreng yang renyah dan kriuk memperkaya rasanya.

Dan segelas es kelapa muda menjadi pelengkap yang sempurna untuk sarapan pagi kali ini. Es kelapanya dari kelapa hijau yang muda, daging kelapanya juga masih lunak. Es kelapa ini menjadi lebih segar karena diberi sedikit jeruk nipis peras.

Seporsi katupek gulai paku ini harganya Rp7 ribu, sedangkan sebungkus paru goreng Rp7 ribu dan segelas besar es kelapa muda juga Rp7 ribu.

"Kami buka sampai malam, kalau malam banyak yang pesan soto, sedangkan pagi dan siang banyak yang makan ketupat," kata Farida. Katupek gulai paku di tempat ini memang sudah kondang. Sehingga selalu saja ada kendaraan pribadi yang mampir di warung pinggir jalan ini.

Seorang pengunjung warung, Tisnawati, mengatakan tiap ada kesempatan lewat jalan ini ia selalu mampir ke warung ini.

"Kalau lewat malam pun saya sempatkan makan di warung ini. Saya suka ketupatnya. Walaupun belinya sudah malam, ketupatnya tetap hangat. Soto dan es kelapanya juga enak," kata Tisnawati, yang bekerja menjadi pegawai negeri sipil di Batusangkar.

FEBRIANTI

Berita lain:
Ada Kampung Lontong di Surabaya
Dari Halal hingga Makanan Yahudi
Lidah Indonesia di Emirates Airline
Masakan Berbahan Singkong Bisa Naik Kelas 
Kopi Gajah Kalahkah Kopi Luwak  


Anda sedang membaca artikel tentang

Nikmatnya Katupek Gulai Paku Puncak Kiambang

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/10/nikmatnya-katupek-gulai-paku-puncak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nikmatnya Katupek Gulai Paku Puncak Kiambang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nikmatnya Katupek Gulai Paku Puncak Kiambang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger