10 Kilogram Jeruk untuk Mandikan Satu Kereta

Written By Unknown on Rabu, 28 November 2012 | 10.17

Ratusan warga berkumpul untuk mengambil air bekas mencuci kereta Kanjeng Nyai Jimat saat melakukan ritual Jamasan Kereta di Museum Kereta Keraton Yogyakarta, Selasa (27/11). TEMPO/Suryo Wibowo

TEMPO.CO , Yogyakarta: Ratusan warga mengikuti jamasan atau pembasuhan sejumlah kereta keramat milik Keraton Yogyakarta, di Museum Kereta, di Jalan Rotowijayan, Yogyakarta, kemarin.

Kereta Kanjeng Nyai Jimat dan Kyai Wimono Putro, yang usianya  hampir tiga abad, dimandikan. Jamasan kereta dilakukan setiap Sura, pada Selasa Kliwon.
"Kami habiskan 10 kilogram lebih jeruk purut untuk perawatan satu kereta," kata Mas Lurah Surono Pawoko, 67 tahun, penjamas yang juga abdi dalem Keraton Yogyakarta, usai pembasuhan.

Kereta Kanjeng Nyai Jimat dan Kyai Wimono Putro dikeluarkan dari tempat penyimpanan yang menyerupai bentuk rumah. Di tempat itu, tak kurang dari sepuluh kereta kuno lain tersimpan. Menurut Surono, Nyai Jimat merupakan kereta yang ditarik delapan kuda, pernah digunakan pada masa Sultan Hamengku Buwono I sampai V. Pasangannya, kereta Kyai Wimono.

Sebelum pembasuhan, sekitar 30 abdi dalem laki-laki duduk bersila, menyalakan dupa dan berdoa. Setelah kereta dicuci, saat mengeringkan, mereka kembali menyalakan dupa dan berdoa. Agar kereta tak bau apek dan mengundang rayap, bermacam bunga ditaburkan, dari sekar talon, kantil, kenanga, hingga mawar.

Ratusan warga, juga wisatawan asing, langsung mendekati tong-tong air bekas cucian kereta. Seusai upacara, ada yang membawa pulang air dengan kantong plastik, untuk mandi. "Biar awet muda," kata Sriati, warga Temanggung, Jawa Tengah.

PRIBADI WICAKSONO

Terpopuler:
Pameran Tjipanas Tempo Doeloe Sedot Pengunjung 
Pelaku Wisata Desak Kereta Jaladara Dijalankan Lagi
7 Cara Meraup Uang Kala Liburan 
Mendorong Anak Lestarikan Permainan Tradisional
Jus Pare, Jajanan Jalanan Taipei
Tempat Berburu Kain Tenun di Bukittinggi (1)
Tempat Berburu Kain Tenun di Bukittinggi (2)
Tempat Berburu Kain Tenun di Bukittinggi (3)  


Anda sedang membaca artikel tentang

10 Kilogram Jeruk untuk Mandikan Satu Kereta

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/11/10-kilogram-jeruk-untuk-mandikan-satu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

10 Kilogram Jeruk untuk Mandikan Satu Kereta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

10 Kilogram Jeruk untuk Mandikan Satu Kereta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger