Ada Festival Mainan Tradisional di Yogyakarta

Written By Unknown on Sabtu, 17 November 2012 | 10.17

Permainan gasing. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Yogyakarta - Festival Permainan Tradisional Anak pertama resmi dibuka oleh Wakil Menteri Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, di lapangan parkir Stadion Mandala Krida pada Jumat malam, 16 November 2012. Pembukaan festival ini ditandai dengan pemutaran gangsing raksasa seukuran meja pimpong sembari diiringi lagu ''Gundul-Gundul Pacul''.

Wiendu mengatakan festival ini diharapkan menjadi masukan bagi banyak guru untuk mengembangkan materi pelajaran seni dan budaya. "Ada guru SD perwakilan dari 33 provinsi yang hadir di festival ini, semoga membantu perluasan pemahaman mengenai pentingnya permainan tradisional," kata dia di sela pembukaan acara yang berlangsung Jumat - Senin, 16-19 November 2012.

Wiendu mengatakan Indonesia memiliki banyak permainan tradisional anak yang mengandung filosofi kebudayaan. Nilai ini, kata dia, harus dimanfaatkan untuk menyeimbangkan materi pendidikan sekolah agar berbasis sains sekaligus kebudayaan.

Dia menambahkan fase pendidikan usia taman kanak-kanak hingga sekolah dasar merupakan periode penting penanaman nilai-nilai kultural dan etis. Karena itu, pengenalan pada filosofi permainan tradisional pada anak didik di fase itu akan membantu pembentukan karakter mereka saat dewasa. "Misalnya, filosofi menghormati perbedaan dan tanggung jawab," kata Wiendu.

Direktur Pembinaan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Gendro Nurhadi mengatakan peserta festival ini sebanyak 750 orang. Sebagian dari mereka, lanjut dia, merupakan guru-guru pelajaran pendidikan Kesenian dan Olah Raga.

Selain mengundang para guru, ada pula 148 praktisi permainan tradisional anak dari berbagai daerah dan 300-an siswa SD dan SMP dari sekitar Yogyakarta. Bagi guru, ada sejumlah workshop dan seminar mengenai permainan tradisional anak dan upaya internalisasinya di pelajaran. Bagi siswa anak-anak, ada pengenalan beragam permainan dan lomba permainan tradisional mulai enggrang, dakon hingga gangsing.

ADDI MAWAHIBUN IDHOM

Berita terpopuler lainnya:
5 Cara Tidur Dengan Cepat
Terinspirasi Ubur-ubur, Kenali Sel Kanker
Konsumsi Alkohol Saat Hamil Pengaruhi IQ Bayi 
Anak Indonesia Kurang Gizi
Hati-hati! Pukul Anak Bisa Berujung Kanker 
Teknologi Bayi Tabung Kian Menjanjikan  


Anda sedang membaca artikel tentang

Ada Festival Mainan Tradisional di Yogyakarta

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/11/ada-festival-mainan-tradisional-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ada Festival Mainan Tradisional di Yogyakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ada Festival Mainan Tradisional di Yogyakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger