Perayaan Sekaten Yogyakarta Ditata Lebih Nyaman

Written By Unknown on Sabtu, 24 November 2012 | 10.17

Pembukaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Tahun Be 1944/2011 di Yogyakarta. TEMPO/Arif Wibowo

TEMPO.CO, Yogyakarta- Tak ingin menyebabkan kemacetan jalan di sekitarnya, penataan aktivitas Pasar Malam Perayaan Sekaten Yogyakarta 2012 diubah menjadi terpusat di alun-alun utara Keraton Yogyakarta. "Ada perubahan pola penataan untuk Sekaten tahun ini," kata Camat Gondomanan, Agus Arif, Jumat 23 November 2012.

Pasar malam ini rutin digelar saban tahun bersamaan dengan datangnya peringatan kelahiran Nabi Muhammad. Nama sekaten berasal dari kata "syahadatain" yang berarti dua kalimat syahadat. Perayaan Sekaten di Yogyakarta tahun ini digelar selama dua bulan, dari 21 Desember 2012 hingga 24 Januari 2013.

Menurut Agus, berbeda dengan tahun lalu, Sekaten yang selalu dipusatkan di alun-alun Yogyakarta masih mentoleransi aktivitas di luar lokasi, semisal pedagang dan tempat parkiran. "Yang dulu tersebar sampai ke luar alun-alun sekarang dimasukkan ke dalam alun-alun semua," katanya. Alasannya, kata dia, kegiatan di luar alun-alun itu kerap menjadi pemicu kemacetan. Jalanan sesak oleh pedagang kaki lima dan menjadi lokasi parkir dadakan, sehingga pengendara dan pejalan kaki terganggu.

Ketua Forum Kumunitas Alun-alun Utara, Muhammad Fuad, mengatakan Sekaten tahun ini merupakan yang pertama kalinya melibatkan warga sebagai panitia penyelenggara. Forum itu beranggotakan warga yang tinggal di sekitar alun-alun utara.

Menurut Fuad, dalam Sekaten kali ini 20 persen dari luas total alun-alun utara akan digunakan sebagai lokasi parkir. Adapun 80 persen lainnya tetap berfungsi sebagai tempat lapak pedagang, tempat pameran, dan arena permainan.

ANANG ZAKARIA


Anda sedang membaca artikel tentang

Perayaan Sekaten Yogyakarta Ditata Lebih Nyaman

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/11/perayaan-sekaten-yogyakarta-ditata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perayaan Sekaten Yogyakarta Ditata Lebih Nyaman

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perayaan Sekaten Yogyakarta Ditata Lebih Nyaman

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger