Ambisi Sawahlunto Jadi Kota Wisata

Written By Unknown on Rabu, 12 Desember 2012 | 10.17

Wisata kereta api uap di Sawahlunto. TEMPO/Febriyanti

TEMPO.CO, Jakarta - Ambisi Wali Kota Sawahlunto, Amran Nur, 67 tahun, menjadikan Sawalunto sebagai kota wisata seakan tak pernah berhenti. Setelah membangun water boom, ia membangun Taman Satwa Kandi di tepi Danau Kandi, sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Danau itu semula lubang tambang terbuka peninggalan PT Bukit Asam. Lama-lama terisi air lalu menjadi danau. Di dekat kebun binatang itu, Amran juga membuat lintasan pacuan kuda.

Obyek wisata makin lengkap setelah lokomotif uap "Mak Itam", yang pada zaman kolonial digunakan untuk menarik kereta bermuatan batu bara, diboyong kembali dari Salatiga pada 2008. "Mak Itam" menjelma jadi kereta wisata dengan rute Sawahlunto-Muaro Kalaban dan Sawahlunto-Padang Panjang, yang hanya beroperasi pada hari libur.

Untuk menampung turis, Sawahlunto butuh hotel. Wisma Ombilin, hotel peninggalan Belanda, hanya punya segelintir kamar. Pemerintah daerah kemudian membangun hotel bintang empat, namun pengelolaannya di tangan sebuah jaringan hotel nasional. Namanya Parai Garden City Hotel. Namun, bila musim turis tiba seperti pada ulang tahun Sawahlunto, kamar hotel tak sanggup lagi menginapkan tamu.

Menyiasati itu, Amran justru tak membangun hotel lagi. Ia memberdayakan penduduk Sawahlunto untuk menampung turis. "Supaya penduduk kebagian untung," katanya.

Di bawah koordinasi Dinas Pariwisata sejak tiga tahun lalu, rumah-rumah yang memadai menyediakan home stay. Kini, ada sekitar 70 home stay dengan fasilitas kamar berpendingin udara dan tidak. Harganya berkisar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu per kamar. Murah meriah. Harga itu sudah termasuk sarapan dan makan malam.

Amran adalah salah satu dari tujuh bupati/wali kota yang dipilih majalah Tempo dalam Liputan Khusus Kepala Daerah Pilihan 2012. Baca selengkapnya di majalah Tempo edisi Minggu, 9 Desember 2012: Bukan Bupati Biasa.

ANTON SEPTIAN | FEBRIANTI (PADANG)

Berita Lainnya:
Ada 40 Lokasi Penyelaman Terbaik di Wakatobi
Menikmati Wisata Satwa di Simpang Lima Gumul
Mau ke Pulau Komodo Gratis? Begini Caranya
UNS Teliti Kain Lurik Tradisional
Batu Kelamin Lelaki Ditemukan di Raja Ampat
Di Gunung Kidul Ada Gua Purba Baru?
Sail Komodo, NTT Siapkan 44 Destinasi
Tiga Satwa Langka di Bali Zoo Melahirkan Bayi
Sarjana Kelautan Bersihkan Laut Bunaken
Bedog Art Festival Raih Rekor MURI


Anda sedang membaca artikel tentang

Ambisi Sawahlunto Jadi Kota Wisata

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/12/ambisi-sawahlunto-jadi-kota-wisata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ambisi Sawahlunto Jadi Kota Wisata

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ambisi Sawahlunto Jadi Kota Wisata

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger