Car Free Night Malam Tahun Baru di Solo

Written By Unknown on Jumat, 21 Desember 2012 | 10.17

Peserta Solo Batik Carnival 2 menyusuri jalan-jalan Kota Solo dengan becak, di depan Pasar Gede, Solo, Jateng, Jumat (26/6). ANTARA/Andika Betha

Peserta Solo Batik Carnival 2 menyusuri jalan-jalan Kota Solo dengan becak, di depan Pasar Gede, Solo, Jateng, Jumat (26/6). ANTARA/Andika Betha

Jum'at, 21 Desember 2012 | 04:55 WIB

TEMPO.CO, Surakarta--Pemerintah Kota Surakarta akan menerapkan malam bebas kendaraan di dua ruas jalan utama pada malam tahun baru besok. Penerapan car free night ini merupakan kali kedua lantaran tahun lalu mereka juga melakukan hal yang sama.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa ruas Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Sudirman jadi kawasan bebas kendaraan pada malam pergantian tahun. "Mulai dari Purwosari hingga balai kota," katanya, Kamis 21 Desember 2012.

Rudyatmo menyebutkan bahwa pemberlakukan car free night itu dimaksudkan untuk mengurangi emisi gas buang di malam pergantian tahun. "Banyak masyarakat keluar rumah pada malam itu," katanya. Dia berharap masyarakat bisa merayakannya tanpa mengendarai kendaraan bermotor.

Kawasan bebas kendaraan bermotor itu akan diberlakukan di dua ruas jalan utama kota yang jaraknya mencapai lima kilometer. Kebijakan itu akan diterapkan sejak pukul 21.00 WIB hingga 01.00 WIB.

Pihaknya juga menyiapkan 24 kantong parkir di sekitar kawasan car free night tersebut. Selain menggunakan halaman gedung milik pemerintah, pihaknya juga meminta sejumlah perkantoran swasta untuk menyediakan halamannya sebagai lokasi parkir.

Seperti halnya tahun lalu, kegiatan malam pergantian tahun di area car free night itu juga akan diisi dengan berbagai atraksi seni. Sebanyak tujuh panggung akan disiapkan di jalur tersebut. "Selain itu juga akan diisi karnaval dari berbagai komunitas," katanya.

Rudyatmo mengatakan bahwa pusat kegiatan malam pergantian tahun akan dipusatkan di ruas Jalan Sudirman. Mereka menyelenggarakan tarian kolosal berupa kesenian Jaran Dor. "Kami siapkan 2.013 penari," katanya.

Sayangnya, hingga saat ini mereka belum mampu menjamin ketersediaan angkutan umum di malam pergantian tahun tersebut. Selama ini, warga Surakarta sering kesulitan untuk mendapatkan kendaraan umum selain taksi pada malam hari.

"Idealnya memang bus kota dan angkot terus beroperasi pada malam pergantian tahun," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Surakarta Yosca Herman Soedrajad. Keberadaan mereka dibutuhkan untuk mengangkut warga ke kawasan car free night.

Dia mengaku bahwa hingga saat ini pihaknya belum melakukan koordinasi dengan perusahaan angkutan yang ada di kota tersebut. Dia berjanji akan menggunakan sisa waktu yang ada untuk menjalin komunikasi dengan pengusaha bus kota serta pemilik angkot.

AHMAD RAFIQ


Anda sedang membaca artikel tentang

Car Free Night Malam Tahun Baru di Solo

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/12/car-free-night-malam-tahun-baru-di-solo.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Car Free Night Malam Tahun Baru di Solo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Car Free Night Malam Tahun Baru di Solo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger