Hotel di Lahan Saripetojo Solo Segera Dibangun

Written By Unknown on Kamis, 20 Desember 2012 | 10.17

Kamis, 20 Desember 2012 | 04:17 WIB

TEMPO.CO , Surakarta: Perusahaan Daerah Citra Mandiri Jawa Tengah akan memulai pemanfaatan lahan di bekas pabrik es Saripetojo di Surakarta. Mereka akan membangun hotel berbintang di kawasan itu.

Direktur Perusda Citra Mandiri Jawa Tengah Sayuti menyebut bahwa mereka tengah merampungkan penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). "Kemungkinan Januari besok kami sudah bisa melaksanakan peletakan batu pertama," katanya, Rabu 19 Desember 2012.

Hotel berkapasitas 180 kamar tersebut akan dibangun dengan 16 lantai. Sayuti mengaku telah mengantongi izin dari pengelola Bandara Adisumarmo terkait persyaratan ketinggian bangunan. "Kami telah memenuhi semua prosedur dalam pembangunan hotel ini," kata Sayuti.

Hotel ini juga akan dilengkapi ruang pertemuan berkapasitas lebih dari 2.000 pengunjung. Menurut Sayuti, ruang pertemuan itu sengaja dibangun berdasarkan masukan dari banyak pihak. "Surakarta belum memiliki gedung pertemuan berkapasitas besar," katanya.

Sayuti yakin fasilitas gedung pertemuan ini bisa semakin mengukuhkan Kota Surakarta sebagai kota tempat penyelenggaraan pertemuan, pameran, konferensi, dan insentif. "Hotel ini juga akan mendukung keberadaan Surakarta sebagai kota wisata," katanya.  
Di sisi lain, dia juga berjanji menjaga keutuhan bangunan cagar budaya yang ada di lokasi itu. "Bangunan kuno bekas rumah dinas manajer akan kami pelihara," katanya. Mereka akan memanfaatkan bangunan tersebut sebagai ruang pamer.

Ruang pamer itu akan diisi dengan foto-foto pabrik es Saripetojo yang pernah berdiri di kawasan ini. Foto itu akan dipajang sebagai penanda kemajuan industri di Surakarta pada masa lampau.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mendukung rencana pembangunan hotel itu. Menurut dia, pembangunan hotel di lokasi ini tidak menyalahi aturan. "Yang penting bangunan cagar budaya yang ada di dalamnya tetap terpelihara," katanya.

Rencana pemanfaatan bangunan bekas pabrik es Saripetojo pernah menuai protes dari warga Surakarta. Saat itu, pemilik lahan berencana membangun pusat belanja di kawasan ini. Polemik itu menyebabkan ketegangan antara Wali Kota Surakarta pada saat itu, Joko Widodo dengan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Penyebab penolakan dari warga adalah bahwa di sekitar lokasi tersebut terdapat sejumlah pasar tradisional. Selain itu, bangunan bekas pabrik es tersebut diduga merupakan bangunan cagar budaya.

AHMAD RAFIQ

Berita lain:
Parit Benteng Keraton Yogyakarta Dibuka Tahun 2013
Parit Beteng Keraton Yogyakarta akan Dibuka 2013
Natal dan Akhir Tahun, Tiket Kereta Nyaris Ludes 
Dari Bali ke Lombok Kian Cepat dan Mudah  


Anda sedang membaca artikel tentang

Hotel di Lahan Saripetojo Solo Segera Dibangun

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/12/hotel-di-lahan-saripetojo-solo-segera.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hotel di Lahan Saripetojo Solo Segera Dibangun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hotel di Lahan Saripetojo Solo Segera Dibangun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger