Semarang Gelar Festival Seni Pandanaran 2012

Written By Unknown on Sabtu, 15 Desember 2012 | 10.17

Sabtu, 15 Desember 2012 | 05:10 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Liburan akhir pekan ini di Semarang, Jawa Tengah, alangkah baiknya melongok ke Jalan Pandanaran. Selama dua hari mulai hari ini Pemerintah Kota Semarang bakal menggelar Pandanaran Art Festival 2012. Di situ berbagai makanan kuliner, produk seni, dan budaya empat etnis masyarakat dipamerkan.

"Kami memamerkan pagelaran seni budaya dari empat etnis Budaya Jawa, Cina, Arab dan belanda yang hidup dalam inetraksi damai di Kota Semarang," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Semarang, Achyani Tjokrodimedjo.

Acara yang semula hendak digelar November lalu dipusatkan di sepanjang jalan Pandanaran, Kota Semarang. Panitia menampilkan sajian Liong Samsi, Wayang Potehi, Drama Sun Go Kong, Tari Tangan Seribu, karaoke mandarin bahkan musik tradisional Cina.

Kampung Arab tak mau kalah. Mereka menampilkan musik Gambus,Marawis, Japin, Tari Sufi dan Belli Dance. Sama halnya stan etnis Kampung Belanda. Tontonannya Polka Dance, Klimpen Dance atau Tari Bakiak, dan Jazz Ngisorringin.

Kalau ingin menikmati tradisi yang sangat lokal, keroncong dan tari Semarang pas dilihat di kampung Jawa.

Sembari menonton, berbagai sajian produk seni dan makanan pun bisa didapat. Ketua pelaksana, Ikade Winaya, menyatakan kegiatan tahunan sejak 2010 ini ditujukan untuk Visit Jateng 2013 dan program Ayo Wisata ke Semarang. Konsep acara menyediakan panggung pentas seni budaya di empat zona kampung sesuai etnis.

"Acara akan berlangsung sejak Sabtu sore sampai Ahad jelang subuh, dan berakhir bersamaan dengan berakhirnya car free day," ujar Ikade.

Penyelenggara sengaja menyiapkan kantong parkir kendaraan pengunjung menghindari kemacetan di tengah kota dengan cara menetapkan Jalan Pemuda dan tempat-tempat parkir di area DP Mall dan Paragon Mall sebagai area parkir.

EDI FAISOL


Anda sedang membaca artikel tentang

Semarang Gelar Festival Seni Pandanaran 2012

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/12/semarang-gelar-festival-seni-pandanaran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Semarang Gelar Festival Seni Pandanaran 2012

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Semarang Gelar Festival Seni Pandanaran 2012

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger