Turis Perdana Tahun Kunjungan Jateng 2013 Disambut

Written By Unknown on Rabu, 02 Januari 2013 | 10.17

Selasa, 01 Januari 2013 | 11:41 WIB

TEMPO.CO, Surakarta - Institusi pemerintah dan komunitas pariwisata di Jawa Tengah menyambut kedatangan turis pertama tahun ini di Bandara Adi Sumarmo Solo, Selasa, 1 Januari 2013. Penyambutan itu dilakukan untuk menandai dimulainya tahun kunjungan wisata Jawa Tengah 2013.

Mereka menyambut penumpang Garuda Indonesia Airways dari Jakarta yang mendarat pukul 07.00 sebagai representasi turis domestik. Selain itu, mereka juga mengalungkan selendang batik kepada penumpang Air Asia dari Malaysia untuk mewakili turis internasional.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, mengatakan bahwa tahun kunjungan wisata ini sudah dipersiapkan sejak dua tahun terakhir. Persiapan dilakukan dengan perbaikan destinasi maupun promosi yang dilakukan di sejumlah negara. "Kami yakin bahwa tahun kunjungan wisata ini mampu menembus target," katanya saat ditemui di bandara.

Selama setahun ke depan, pihaknya menargetkan mampu mendatangkan 25 juta wisatawan domestik dan 500 ribu wisatawan mancanegara. Hanya, jumlah tersebut ternyata tidak terpaut jauh dengan capaian pada setahun terakhir.

Menurut catatan Dinas Pariwisata Jawa Tengah, sejumlah 22,3 juta wisatawan domestik mengunjungi provinsi itu sejak Januari hingga Oktober 2012. Sedangkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung mencapai 340 ribu.

Persiapan dalam menyambut tahun kunjungan wisata itu sudah dipersiapkan sejak 2011. "Kami memulainya dengan mempersiapkan destinasi unggulan wisata," kata Prasetyo. Setahun sesudah itu, pihaknya melanjutkan tahap persiapan dengan melakukan promosi.

Promosi tersebut dilakukan di sejumlah kota, seperti Jakarta dan Bali. Selain itu, mereka juga menggelar pameran pariwisata ke sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, dan Tiongkok. "Mulai saat ini, promosi sudah dihentikan karena sudah masuk tahap pelaksanaan," katanya.

Prasetyo mengungkapkan bahwa masih banyak pemerintah kabupaten yang kurang antusias dengan tahun kunjungan wisata ini. Hal itu terlihat dari kebijakan anggaran di bidang pariwisata tahun ini. "Terutama daerah yang memang tidak memiliki potensi wisata unggulan.

Sedangkan daerah yang telah memberikan anggaran cukup besar di bidang pariwisata jumlahnya mencapai 20 persen dari 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah. Daerah tersebut merupakan daerah yang memiliki potensi wisata besar, seperti Semarang, Surakarta, Magelang, Cilacap, serta Purbalingga.

Sebenarnya, lanjut Prasetyo, daerah yang tidak memiliki destinasi pariwisata unggulan bisa berkreasi dengan memperbanyak event kesenian dan budaya. "Mereka harus kreatif sebab tahun kunjungan wisata ini sangat menguntungkan bagi pemerintah kota dan kabupaten," katanya.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia Surakarta, Hidayatullah Albanjary, menyebutkan bahwa Kota Surakarta telah siap menyambut kunjungan turis. "Surakarta memiliki fasilitas bagi wisatawan yang cukup lengkap," katanya.

Menurut dia, Surakarta tetap akan fokus pada kunjungan turis untuk kepentingan meeting, insentive, conference, dan exhibition. Sejumlah agenda pertemuan berskala nasional dan internasional sudah disiapkan untuk 2013 ini. Salah satunya adalah pertemuan para ahli lingkungan tingkat dunia yang akan membahas masalah toilet.

AHMAD RAFIQ


Anda sedang membaca artikel tentang

Turis Perdana Tahun Kunjungan Jateng 2013 Disambut

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2013/01/turis-perdana-tahun-kunjungan-jateng.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Turis Perdana Tahun Kunjungan Jateng 2013 Disambut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Turis Perdana Tahun Kunjungan Jateng 2013 Disambut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger