Jawa Tengah Kekurangan 800 Pramuwisata

Written By Unknown on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 10.17

Pulau Cemara Besar, Kepulauan Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah. DOK/TEMPO/Agung Pambudhy

TEMPO.CO , Semarang: Tahun depan Provinsi Jawa Tengah akan menggelar pergelaran berupa Jateng Visit Year 2013. Namun, saat ini provinsi itu masih kekurangan 800 orang pemandu wisata atau pramuwisata.

"Idealnya, guide berjumlah 1.000 orang tapi saat ini kami baru memiliki 200 pramuwisata yang tersebar di 35 kabupaten/kota," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prasetyo Ariwibowo, Jumat, 26 Oktober 2012.

Prasetyo mengatakan jumlah pemandu wisata di Jawa Tengah masih sangat minim akibat kecilnya anggaran untuk memperbanyak pemandu wisata. Kata dia, sejak 2011, anggaran untuk menambah pemandu hanya dengan kuota 80 orang.

Pada saat yang sama, pemerintah tingkat kabupaten/kota juga belum memberikan perhatian secara baik terhadap keberadaan pemandu wisata. "Belum pernah ada Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang mengalokasikan anggaran untuk guide," kata Prasetyo.

Masalah lain dalam Visit Jateng Year adalah terkait infrastruktur. Di Pulau Karimunjawa, Jepara, yang memiliki wisata kawasan laut ternyata terkendala transportasi. Sebenarnya di pulau itu ada Bandara Dewandaru, tapi masih kecil sehingga pesawat berbadan besar tak bisa mendarat.

Di Jawa Tengah ada 266 obyek wisata. Namun, Prasetyo mencatat obyek yang bisa dijual hanya 70 obyek. Saat ini, Jawa Tengah mulai mempromosikan program Visit Jateng Year 2013.

Dari postur anggaran pariwisata Jawa Tengah yang tercantum dalam RAPBD 2013, anggaran promosi pariwisata diusulkan sejumlah Rp 9,615 miliar. Anggaran itu untuk peningkatan kualitas promosi dan informasi pariwisata Rp 2,985 miliar, pelaksanaan informasi pariwisata Jawa Tengah Rp 1,250 miliar, pelaksanaan promosi pariwisata dalam negeri Rp 4,630 miliar dan analisa pasar promosi pariwisata sebesar Rp 750 juta.

ROFIUDDIN

Berita lain:
Festival Dago Pojok Digelar 15 Jam
Apa Itu Wisata Ziarah
Bakal Candi Terbesar di Bali Ditemukan
Tas Tradisional Papua Terancam Punah
Hanya Ada 1 Sail pada 2013: Sail Komodo


Anda sedang membaca artikel tentang

Jawa Tengah Kekurangan 800 Pramuwisata

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/10/jawa-tengah-kekurangan-800-pramuwisata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jawa Tengah Kekurangan 800 Pramuwisata

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jawa Tengah Kekurangan 800 Pramuwisata

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger