Tenun Ikat Asal NTT Segera Dipatenkan

Written By Unknown on Kamis, 25 Oktober 2012 | 10.17

Tenun ikat khas Nusatenggara Timur pada Gelar Kain Khas Nusantara. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Kupang  - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mempatenkan hak cipta tenun ikat dari puluhan ribu penenun yang ada di daerah itu.

"Kami akan patenkan tenun ikat khas NTT ini," kata Ketua Dekranasda NTT, Lusia Lebu Raya kepada Tempo di Kupang, Rabu, 24 Oktober 2012.

Dekranasda, menurut Lusia, masih menginventarisir jumlah pengrajin tenun ikat serta beragam motif tenun ikat dari berbagai daerah dengan mencari tahu siapa pembuatnya dan sejarah tenun ikat itu. "Kami masih inventarisir jumlah dan penenunnya," kata Lusia.

Dia mengaku agak kesulitan, karena motif tenun ikat dari setiap kabupatehn dan kota di NTT sangat beragam dan jumlahnya cukup banyak. Misalnya, di Kabupaten Alor, terdapat 80 motif tenun ikat, sehingga harus dicari tahu siapa pembuatnya dan apa kisah dari motif itu. "Ini merupakan syarat-syarat yang harus di penuhi untuk hak paten," katanya.

Namun, dia menjamin tenun ikat asal NTT tidak akan di jiplak oleh pihak lain, karena sudah ada kesepakatan (MoU) dengan kementrian hukum dan HAM. Berdasarkan inventarisir Dewan Kerajinan Nasional Daerah NTT, ada 52 ribu penenun yang hak cipta tenun ikatnya belum di patenkan.

Internasional Intitute for Asian Studies Leiden Netherland, Yetti Haning mengatakan walaupun tenun ikat di NTT belum di patenkan, namun Unesco telah mengakui tenun ikat NTT sudah menjadi budaya daerah. "Tenun ikat diakui Unesco sebagai budaya masyarakat NTT," katanya.

YOHANES SEO

Terpopuler:
12 Kota yang Ramah SepedaLomba Penulisan Ekspedisi Takabonerate Digelar
Kineruku, Taman Bacaan di Kota Romantis
Relief Arjuna Wiwaha Masuk Museum Probolinggo
Kuningan Gelar Lomba Permainan Tradisional Anak


Anda sedang membaca artikel tentang

Tenun Ikat Asal NTT Segera Dipatenkan

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/10/tenun-ikat-asal-ntt-segera-dipatenkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tenun Ikat Asal NTT Segera Dipatenkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tenun Ikat Asal NTT Segera Dipatenkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger