Trusmi, Pusat Batik dan Cendera Mata Cirebon

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012 | 10.17

Batik Cirebon. TEMPO/Panca Syurkani

TEMPO.CO , Cirebon: Ziarah ke Cirebon, tentunya tak afdol jika pulang tanpa membawa oleh-oleh.  Sekitar lima kilometer dari pusat kota, terdapat Kampung Trusmi, Kecamatan Weru, yang terkenal sebagai pusat batik dan cendera mata Cirebon.

Kehadiran Trusmi tak lepas dari jejak Sunan Gunung Jati. Kehadiran Ki Gede Trusmi, pengikut setia Sunan Gunung Jati di abad 16, yang menyebarkan Islam sembari mengajarkan seni membatik kepada warga setempat membuat Trusmi popular hingga kini.

Batik Trusmi mempunyai beragam motif seperti mega mendung, paksinaga liman, patran keris, patran kangkung, singa payung, singa barong, banjar balong, katewono dan gunung giwur. Batik Cirebonan lebih luwes, atraktif, dan kaya warna, dibanding dengan batik dari Yogyakarta atau Solo. 

Di sepanjang jalan utama Trusmi Wetan, Trusmi Kulon, dan Jalan Panembahan, berdiri aneka kios dan studio membatik. Wisatawan juga dapat melihat langsung proses membatik dari batik cap hingga batik tulis. Aneka cendera mata dan jajanan khas Cirebon tersedia di sini.

"Di sini harganya lebih murah daripada di toko," ujar Edi, pemilik galeri batik Edi Baredi di Jalan Panembahan Utara, Trusmi, Cirebon, yang juga galeri batik langganan ibu negara, Ani Yudhoyono.

Makam Ki Gede Trusmi juga menjadi bagian dari wisata ziarah Cirebon. Setiap hari puluhan peziarah mengunjungi makamnya di Trusmi Wetan. Dan setiap tanggal 12 – 25 Maulud, Trusmi menjadi tempat perayaan wisata ziarah Mauludan.

Pada perayaan itu digelar pasar batik murah, ritual Mauludan, dan pesta tumpeng gerebek Maulud di puncak acara, yang dihadiri ribuan orang.

WAHYUANA

Berita lain:
Doa, Dupa, dan Peziarahan Cirebon (Bagian 1)
Doa, Dupa, dan Peziarahan Cirebon (Bagian 2)  
Doa, Dupa, dan Peziarahan Cirebon (Bagian 3)  
Doa, Dupa, dan Peziarahan Cirebon (Bagian 4)  


Anda sedang membaca artikel tentang

Trusmi, Pusat Batik dan Cendera Mata Cirebon

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/10/trusmi-pusat-batik-dan-cendera-mata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Trusmi, Pusat Batik dan Cendera Mata Cirebon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Trusmi, Pusat Batik dan Cendera Mata Cirebon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger