Animo Turis Malaysia ke Yogya Meningkat

Written By Unknown on Selasa, 13 November 2012 | 10.17

Pesawat Air Asia dengan rute penerbangan Malaysia - Yogyakarta di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. TEMPO/Suryo Wibowo

TEMPO.CO , Yogyakarta: Jumlah wisatawan asal Malaysia ke Yogyakarta meningkat hingga 30 persen. Salah satu pemicunya adalah layanan penerbangan langsung Yogyakarta-Kuala Lumpur.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta, Deddy Arnowo Eryono, mengatakan  jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung ke Yogyakarta pada 2011 mencapai 180 ribu orang. Sebanyak 38 ribu orang di antaranya merupakan warga Malaysia. "Data lengkap per tahun belum ada, tapi dari laporan per bulan ini meningkat," katanya di sela acara Tourisme Promotion Organization di Yogyakarta, Senin, 12 November 2012.

Salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah dengan memanfaatkan rute penerbangan langsung. Saat ini, sambung dia, maskapi penerbangan Air Asia melayani rute penerbangan langsung Kuala Lumpur-Yogyakarta pulang pergi dalam sehari.

Menurut dia, penerbangan langsung tak sekedar berdampak meningkatkan jumlah wisatawan berkewarganegaraan Malaysia, tapi sekaligus wisatawan asing di sana. "Melalui pintu mana pun, kami bidik," katanya.

Kepariwisataan di Malaysia berkembang pesat mengalahkan Indonesia, sehingga negeri itu pun banyak dikunjung wisatawan dari luar negaranya.

Organisasi promosi pariwisata beranggotakan 70 kota dan pelaku pariwisata se Asia Pasific. Selain Yogyakarta, ada dua kota lain yang menjadi anggota organisasi itu, yakni Surabaya dan Jakarta. Dalam acara yang digelar di sebuah hotel di Yogyakarta kali ini, mereka memfokuskan pada diskusi pada tema membangun sinergi kerja sama antar negara Asia Tenggara. Hadir dalam pertemuan itu, sejumlah pejabat dari Penang, Kinabalu, dan Ipoh.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengatakan kerja sama dalam organisasi itu meliputi empat bidang, yakni budaya, pariwisata, pendidikan, dan perdagangan. Bahkan, dalam pertemuan itu, pemerintah kota secara khusus mengadakan kerja sama khusus di keempat bidang itu dengan Pemerintah Georgetown, Penang.

ANANG ZAKARIA

Berita Lainnya:
Gangnam Style Menyusup di Festival Reog 
Pulau Tidung Tawarkan Agro Wisata
Festival Reog Nasional Digelar di Ponorogo 
Garuda Buka 3 Rute Internasional Baru Tahun Depan
Sail Komodo, NTT Rekrut 420 Pemandu
Malioboro Didorong Jadi Kawasan Ramah Pejalan Kaki  


Anda sedang membaca artikel tentang

Animo Turis Malaysia ke Yogya Meningkat

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/11/animo-turis-malaysia-ke-yogya-meningkat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Animo Turis Malaysia ke Yogya Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Animo Turis Malaysia ke Yogya Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger