Gunung Ijen Berpotensi Semburkan Gas Beracun

Written By Unknown on Jumat, 23 November 2012 | 10.17

Wisatawan di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. TEMPO/Arie Basuki

TEMPO.CO , Jakarta: Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen mengeluarkan peringatan kepada wisatawan dan penambang belerang akan potensi keluarnya gas beracun dari Gunung Ijen pada musim penghujan.

Kepala PPGA Ijen, Bambang Heri Purwanto, mengatakan keluarnya gas beracun karena dipicu adanya perbedaan suhu yang sangat ekstrim antara di dalam kawah dengan suhu di luarnya saat musim penghujan.

Saat musim penghujan, dia menjelaskan, suhu di luar kawah mencapai sekitar 18-21 derajat Celcius. Sementara suhu di dalam kawah, saat pemantauan terakhir petugas, berada di titik 35 derajat Celcius. Perbedaan suhu ini kemudian memicu proses konveksi atau perpindahan molekul-molekul material dari air kawah yang mengandung CO dan CO2. "Gas tersebut bisa mematikan manusia," kata Bambang kepada wartawan, Rabu, 21 November 2012.

Musim penghujan diprediksi datang di Desember dan mencapai puncaknya pada Februari 2013. Intensitas keluarnya gas beracun itu diperkirakan semakin tinggi karena saat ini aktivitas vulkanik Gunung Ijen belum normal. Sejak 24 Juli 2012, gunung setinggi 2.368 meter itu berstatus Siaga.

Radius 1,5 kilometer dari kawah direkomendasikan harus steril dari aktivitas manusia. Namun, kenyataanya, masih ada ratusan penambang belerang dan wisatawan yang masih nekad mendaki gunung.

Untuk mencegah kejadiaan terburuk, Bambang meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah melakukan sosialisasi atau memasang papan peringatan supaya tidak ada orang yang mendekat ke kawah.

Kepala BPBD Banyuwangi, Achmad Wiyono, berjanji akan melakukan sosialisasi dan memasang papan peringatan. "Tapi saya belum bisa pastikan kapan akan memasang papan peringatan karena baru menerima informasinya," kata dia.

IKA NINGTYAS

Berita Terkait:
Banyuwangi Kekurangan Fasilitas Pengungsian Raung
Ribuan Warga Sekitar Rokatenda Diminta Mengungsi 
Gunung Rokatenda Semburkan Abu Vulkanik 
Gunung Rokatenda Semburkan Api
Lokon Meletus, Warga Manado Terganggu Guyuran Debu


Anda sedang membaca artikel tentang

Gunung Ijen Berpotensi Semburkan Gas Beracun

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/11/gunung-ijen-berpotensi-semburkan-gas_23.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gunung Ijen Berpotensi Semburkan Gas Beracun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gunung Ijen Berpotensi Semburkan Gas Beracun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger