Kunjungi Borobudur, Putri Thailand Banyak Bertanya

Written By Unknown on Kamis, 22 November 2012 | 10.17

Putri Kerajaan Thailand, Maha Chakri Sirindhorn (kanan) memperhatikan relief di dinding Candi Borobudur ketika berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Jawa Tengah, Rabu (21/11). ANTARA/Anis Efizudin

TEMPO.CO, Yogyakarta - Putri Kerajaan Thailand Maha Chakri Sirindhorn betah menggali informasi tentang Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kepala Seksi Umum Taman Wisata Candi Borobudur Sulistyono mengatakan putri kerajaan Thailand itu berada di Candi Borobudur selama 1,5 jam. "Putri sangat tertarik karena banyak bertanya tentang cerita Borobudur. Para tamu khusus dan pengunjung biasanya hanya bertahan paling lama satu jam," kata dia saat dihubungi di Purworejo, Rabu 21 November 2012.

Menurut dia, Putri Thailand tiba di pelataran Candi Borobudur sekitar pukul 07.45 WIB. Setelah mengenakan kain sarung khas Candi Borobudur, putri berkeliling candi dan mendapat penjelasan dari petugas Balai Konservasi Borobudur, Panggah Ardiyansyah. "Sembari menenteng kamera, buku catatan dan pulpen, Putri Thailand yang juga seorang arkeolog antusias berkeliling ke candi," katanya.

Pihak Taman Wisata Candi Borobudur, kata dia, juga memberikan oleh-oleh berupa buku tentang sejarah Borobudur. Buku itu biasanya diberikan secara khusus bagi para tamu-tamu penting yang berkunjung ke Borobudur. 

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Bambang Irianto, mengatakan Candi Borobudur ditutup untuk pengunjung umum selama kunjungan putri dari Thailand berlangsung. Zona 1, yang merupakan kawasan candi, ditutup sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. 

Pengamanan kunjungan putri di Candi Borobudur juga berlangsung ketat seperti di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Selasa, 20 November. Sebelumnya di Dieng, putri juga menunjukkan ketertarikannya mengkaji sejarah purbakala. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Hadi Prabowo, Bupati Magelang Singgih Sanyoto, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Purnomo Prasetjo, dan Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo juga hadir dalam kunjungan itu.

SHINTA MAHARANI


Anda sedang membaca artikel tentang

Kunjungi Borobudur, Putri Thailand Banyak Bertanya

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/11/kunjungi-borobudur-putri-thailand.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kunjungi Borobudur, Putri Thailand Banyak Bertanya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kunjungi Borobudur, Putri Thailand Banyak Bertanya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger