Wisata Lokasi Bencana Merapi Tetap Ramai

Written By Unknown on Senin, 19 November 2012 | 10.17

Ziarah makam juru kunci Merapi, Mbah Maridjan di Srunen, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. ANTARA/ Wahyu Putro A

TEMPO.CO , Sleman, DIY: Wisata di lereng Gunung Merapi masih banyak dikunjungi wisatawan,t erutama di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Lokasi itu merupakan rumah Mbah Maridjan, juru kunci Merapi yang menjadi korban erupsi pada 2010 lalu.

Bahkan tidak sedikit wisatawan yang berfoto bersama Ponirah, istri Maridjan yang sering mengunjungi lokasi itu. Wisatawan bisa mengunjungi lokasi itu dengan ojek maupun motor trail yang disediakan warga.

"Masih tetap banyak dikunjungi wisatawan," kata Ponirah yang ditemui di depan lokasi rumahnya yang sudah rata dengan pasir, Minggu, 18 November 2012.

Lokasi rumah Maridjan merupakan salah satu tempat favorit wisatawan. Mereka rela parkir di jarak lebih dari 1 kilometer menuju Kinahrejo. Ada yang jalan kaki, ada pula yang menyewa sepeda motor trail maupumn ojek.

"Saya senang bisa berfoto bersama istri Mbah Maridjan, dapat banyak cerita di balik erupsi," kata Purwati, wisatawan asal Semarang yang ditemui di Kinahrejo.

Setiap hari libur, lokasi itu padat pengunjung. Jumlahnya lebih dari 1.000 pengunjung setiap hari libur. Namun di hari biasa, jumlahnya menurun bahkan hanya seratusan wisatawan saja pwer hari.

Sedikitnya ada 54 trail siap mengantar wisatawan. Biayanya untuk jarak pendek selama 1 jam hanya Rp 50 ribu saja. Jika untuk jarak medium tarif menyewa trail Rp 150 ribu per 2 jam lebih. Jika jarak jauh dan mengitaro lereng Merapi, tarifnya mencapai Rp 250 ribu selama lebih dari 3 jam.

"Bisa membonceng dan naik trail sendiri tetapi kami tetap mengawal dan memandu," kata Anto Kobis, Koordinator Komunitas Trail Lereng Merapi.
Untuk wisatawan yang ingin naik ojeg ke lokasi rumah Maridjan, tarifnya hanya Rp 20 ribu. Wisatawan juga langsung mendapat panduan dari tukang ojeg yang merupakan warga terdampak erupsi Merapi 2010.

Biaya masuk lokasi wisata itu Rp 3.000 per orang. Biaya parkir mobil Rp 5.000, parkir motor Rp 1.000, dan parkir bus Rp 10.000.

Di lokasi itu juga dijual banyak suvenir, seperti kaus bergambar erupsi Merapi, foto Maridjan, bunga edelweis, makanan jadah-tempe, buah-buahan dan lain-lain. Juga ada video yang dibuat oleh warga saat-saat erupsi Merapi.

MUH SYAIFULLAH

Terpopuler:
Jus Pare, Jajanan Jalanan Taipei
Ciri-ciri Penumpang Pesawat Idaman 
Pulau Sabang Diserbu Wisatawan
Restoran Taman di Dalam Mal 
Seribu Gandrung Ramaikan Banyuwangi Festival
Mendorong Anak Lestarikan Permainan Tradisional
Libur Panjang, Pengunjung Keraton Naik 400 Persen 
7 Cara Meraup Uang Kala Liburan  


Anda sedang membaca artikel tentang

Wisata Lokasi Bencana Merapi Tetap Ramai

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/11/wisata-lokasi-bencana-merapi-tetap-ramai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wisata Lokasi Bencana Merapi Tetap Ramai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wisata Lokasi Bencana Merapi Tetap Ramai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger