Jaringan Telpon Kabel di Kawasan Bromo Lumpuh

Written By Unknown on Senin, 05 November 2012 | 10.17

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Bromo melakukan pengamatan status Gunung Bromo di pos pengamatan Cemorolawang-Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (3/8). Menjelang pelaksanaan Upacara Kasada status Gunung Bromo aman. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO , Surabaya - Pengusaha hotel dan restoran di kawasan Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mengeluhkan terputusnya jaringan telepon kabel mereka.

Sudah sebulan terakhir ini, telepon hotel tidak bisa digunakan. Akibatnya, tidak ada komunikasi yang biasa dilakukan lewat telepon kabel. "Biasanya, banyak tamu pesan kamar hotel melalui telepon kabel. Kini tidak bisa lagi," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaludin, Ahad 4 November 2012.

Dia tidak tahu mengapa sambungan telepon kabel tidak lagi bisa digunakan. "Tamu-tamu biasa telpon ke hotel untuk mencari informasi," katanya. Hampir semua pengusaha hotel dan restoran di kawasan Bromo mengeluhkan soal lumpuhnya komunikasi melalui telepon kabel.

Sejak telepon kabel terputus, pengelola hotel dan restoran hanya mengandalkan telepon selular dan Internet. Digdoyo yang akrab disapa Yoyo mengatakan sudah melaporkan persoalan tersebut kepada Telkom. "Ada kerusakan di gardu Sukapura dan ada peralatan yang harus diganti," kata Yoyo menirukan pernyataan pihak Telkom.

Menurut Yoyo, petugas Telkom mengatakan penggantian peralatan rusak itu tidak mudah karena harus mendatangkan alat dari luar negeri. "Dibutuhkan biaya yang besar," kata dia.

Hingga kini belum ada kepastian dari pihak Telkom kapan jaringan telepon kabel di wilayah itu bisa dipulihkan. Sementara Yoyo belum bisa memastikan berapa nilai kerugian para pengusaha hotel dan restoran akibat putusan jaringan telepon kabel tersebut.

"Memang ada kerugian, tapi tidak kelihatan karena memang tidak tampak," katanya. Hanya, banyak tamu yang kesulitan memperoleh informasi.

Apalagi menjelang akhir tahun seperti ini, Yoyo melanjutkan, sambungan telepon kabel sangat penting karena para tamu biasanya sudah memesan kamar jauh hari untuk mengisi libur Natal dan Tahun Baru.

DAVID PRIYASIDHARTA

Berita terpopuler lainnya:
Ditanya Soal Luna Maya, Ini Reaksi Ariel
Kata Rhoma Irama Soal Dukungan Jadi Capres
Istana Bantah Gelar SBY Ditukar Proyek Tangguh
Kafe Ini Tawarkan Sejam Tidur dengan Orang Asing
Warga Miskin Jakarta Bakal Punya Dokter Pribadi 
Jokowi, Taman Suropati, dan Twinkle Little Star 
Rapor Hitam Wasit MU vs Chelsea
Terduga Teroris Itu Pegawai Negeri


Anda sedang membaca artikel tentang

Jaringan Telpon Kabel di Kawasan Bromo Lumpuh

Dengan url

http://gotravelovers.blogspot.com/2012/11/jaringan-telpon-kabel-di-kawasan-bromo.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jaringan Telpon Kabel di Kawasan Bromo Lumpuh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jaringan Telpon Kabel di Kawasan Bromo Lumpuh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger